Rabu, 07 Januari 2015

kekurangan dan kelebihan inkscape, illustrator, dan coreldraw.

08 januari 2015

Kelebihan dan Kekurangan Inkscape

Sama halnya dengan software lainnya seperti Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainya. Inkscape juga memiliki Kelebihan dan kekurangan

Baik , sekarang kita simak penjelasan Kelebihan dan Kekurangan Inkscape dalam penggunaannya baik untuk mendesain maupun untuk hal yang lainnya.

Kelebihan Inkscape.
Pertama kita akan membahas tentang kelebihan inkscape terlebih dahulu. Banyak sekali kelebihan Inkscape dari software lainnya yang kurang kita pahami dan berikut penjelasannya :

inkstutor
- Gratis.
Kelebihan inkscape yang paling utama itu adalah Inkscape itu Gratis atau open source tidak seperti software yang lain. Pengguna bebas menggunakannya tanpa di bebani biaya lisensi.



- Banyak pilihan warna.
inkstutor
Secara default inkscape di lengkapi panel warna yang dinamakan Palette kita bisa lihat sendiri ketika kita membuka program inkscape. Warna yang sering di gunakan akan berjejer di awal dan di ikuti oleh warna lainnya yang dari warna terang ke warna gelap.
- File ringan.
Baik ukuran program dan file yang di hasilkan oleh inkscape memiliki ukuran file yang sangat ringan. ini tentu sangat berdampak positif terhadap hardisk kita dan tidak memakan banyak ruang. Hal ini juga membuat inkscape bisa di pasang/install pada komputer yang memiliki spesifikasi hardware yang rendah dan tidak memerlukan spesifikasi yang khusus.


inkstutor- View Dokumen.
Tidak seperti software lainnya untuk melihat file dokument yang di hasilkan perlu membuka pogramnya langsung. File dokumen inkscape bisa di lihat pada Software Web Broser di komputer anda karena File yang di hasilkan oleh Inkscape adalah SVG yang memenuhi standar XML. jadi tidak heran bisa di buka pada Software Web broser seperti Google Chrome.

- File Dokument yang berkualitas.
Kualitas yang di hasilkan oleh inkscape tidak kalah dengan Corel Draw dan Adobe Illustrator. Dan file dari inkscape dapat di buka pada program Corel Draw dan Adobe Illustrator.
inkstutor
- Back up otomatis jika not respon.
Berbeda dengan Corel Draw, ketika kita menggunakan inkscape, terjadi not respon dan kita lupa untuk menyimpannya maka Inkscape akan otomatis menyimpan File baru di mana kita simpan file yang kita buat sebelumnya.

- Memiliki panel pengaturan yang lengkap.
Sama dengan software pengolah vector lainnya, seperti panel pengaturan warna dan layer ada di inkscape juga lebih mudah dalam penggunaannya. 

- Support bahasa Indonesia.
Bagi pengguna yang baru, hal ini akan memudahkan mengerti dalam mencoba fasilitas yang ada pada inkscape. Yang bisa di atur pada saat menginstal.

- Tersedia dalam versi portable.
Inkscape tersedia dalam versi portable yang dapat di download padaWebsite resminya, dan dapat di instal pada Flashdisk/external drive.

Kekurangan Inkscape.
Selain kelebihan inkscape juga memiliki kekurangan. Berikut penjelasannya :

- Ukuran File dapat menjadi lebih besar.
File Inkscape dapat menjadi lebih besar ketika objek yang kita gunakan banyak menggunakan gradasi, masking dan terdapat file JPG yang ukurannya relatif besar dan hal ini membuat Inkscape menjadi lambat hingga not respond.

- Belum bisa mengedit file dokument dari software yang berbeda.
Inkscape belum bisa membaca dan mengedit dokument yang di hasilkan oleh Corel Draw (CDR), Adobe Illustrator (AI).

- Tidak bisa Bitmap editing.
Inkscape bertujuan khusus untuk vector illustrasion jadi untuk editing bitmap belum selengkap Corel Draw, dan itupun bisa sedikit menggunakan plugin effect.

- Export hanya 1 extensi.
Kekurangan inkscape yang sangat terasa adalah ketika mengexport. Inkscape hanya bisa mengexport satu jenis extensi file, yaitu PNG. untuk mengubahnya ke bentuk yang berbeda bisa menggunakan fasilitas Save As, itupun dengan extensi file yang terbatas.

Kesimpulannya, Inskcape adalah software yang gratis untuk di gunakan dan memiliki kelebihan dari software lainnya juga di balik itu ada kekurangannya juga tergantung dari kita sendiri bagaimana cara menanggulanginya.



kekurangan dan kelebihan adobe ilustrator dengan coreldraw
Adobe IllustratorKelebihan:- Fiturnya cukup lengkap.- Ampuh untuk pembuatan illustrasi, logo, dan vector image lainnya.- Kemampuan yang mumpuni untuk load file besar, diatas 50mb.- Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya. Pokoknya mantabbb dah.- Terintegrasi dengan software adobe yang lain, seperti adobe photoshop, dll. Wong satu keluarga kok.
Kekurangan:- Walaupun fitur lengkap tapi cukup ribet untuk pengerjaan layout.- Tidak User friendly untuk fitur power clip-nya- Tempat produksi terkadang ada yang ngga support
Corel DrawKelebihan:- Ampuh untuk pengaturan layout, pengalaman saya untuk layout termasuk cepat pengerjaannya di corel draw.- Mudah penggunaannya, short cut2x-nya pun mudah untuk diingat dan diaplikasikan.- Banyak tempat percetakan atau jasa2 desain menggunakan software ini.
Kekurangan:- Fiturnya tidak begitu banyak. Atau apa saya yang tidak tahu fitur2 corel draw yang lain. Hehehe.- Cukup berat untuk load file besar.- Pilihan warna banyak sih tapi hasilnya hancur setelah di print. Ini mungkin faktor printer atau sayanya yang kurang lebih jauh lagi explor to corel draw.

Sumber : kekurangan dan kelebihan adobe ilustrator dengan coreldraw http://ijelek.blogspot.com/2012/06/kelebihan-dan-kekurangan-antara-adobe.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar