Pernahkah kita mendengar istilah hardisk pada artikel yang membahas komputer? Jika belum pernah mendengarnya ataupun mengetahui akan penjelasannya, maka kali ini saya akan coba memberikan informasi tentang pengertian hard disk serta fungsi dan kisaran harga, Harddisk adalah sebuah istilah yang dipakai oleh benda yang terdiri dari piringan megnetis yang berputar dan keras serta komponen lain yang berada didalamnya. Kedua sisi dari harddisk ini dilapisi material yang bisa menyimpan informasi dengan magnetis, dengan bentuk piringan yang dilubangi tengahnya dan disusun pada sebuah spindle sehingga bisa berputar dengan kecepatan tinggi , kemudian diatasnya dibekali dengan alat elektromagnetik yang berfungsi membaca tulisan khusus (head) terletak diantara slider kemudian menyimpan informasi dalam piringan tersebut, slider ini tersambung dengan actuator dan juga logic board yang berfungsi mengatur gerak komponen untuk bisa connect dengan sebuah PC.
pengertian kapasitas hard diskYang perlu kita ketahui adalah bahwa seluruh bagian dari harddisk komputer diproduksi dengan tingkat presisi yang tinggi hal ini berkenaan dengan komponen-komponenya yang berukuran mini, dan bagian inti dari harddisk ini terletak didalam dengan keadaan kedap udara alias tidak boleh kemasukan udara, dan hal ini bertujuan untuk memastkan bahwa tidak ada benda lainnya yang menempel pada permukaan plater sehingga bisa membuat head menjadi rusak.

FUNGSI HARDDISK

Harddisk ini adalah sebuah benda yang berfungsi sebagai media penyimpanan secara permanen (storage) dan salah satunya yang disimpan hardik adalah berkaitan dengan hardware yang ada didalam komputer serta OS, harddisk menjadi sangat penting karena merupakan penentu dari kinerja komputer, apabila ingin hasil transfer yang lebih cepat maka harddisk harus semakin cepat kinerjannya, berikut adalah tingkatan Harddisk IDE :
• Ultra DMA/33
• Ultra DMA/66
• Ultra/100
• Ultra DMA/133
DMA sendiri adalah singkatan dari Direct Memory Access, yang berguna meningkatkan transfer data.

DAFTAR KISARAN HARGA HARDDISK

Merk & Kapasitas Harga Harddisk / HDD
  • Harddisk Buffalo MiniStation Pocket – 1TB / Penyimpanan 1TB/1024GB | USB v3.0 dan v2.0 | 5400 RPM – Harga IDR.950.000
  • Harddisk Buffalo MiniStation Pocket – 500GB / Penyimpanan 500GB | USB v3.0 dan v2.0 | 5400 RPM – Harga IDR.650.000
  • Harddisk Western Digital My Passport – 2TB / Penyimpanan 2TB/2000GB | USB v3.0 dan v2.0 | 5400 RPM – Harga IDR.1.400.000
  • Harddisk Seagate Backup Plus Portable – 1TB / Penyimpanan 1TB | USB v3.0 | 5400 RPM – Harga IDR.1.000.000
  • Harddisk Seagate Expansion Portable – 500GB / Penyimpanan 500GB | USB v3.0 | 5400 RPM – Harga IDR.620.000
  • Harddisk Buffalo DriveStation DDR – 3TB / Penyimpanan 3TB/3000GB | USB v3.0 dan v2.0 | 5Gbps Transfer – Harga IDR.2.200.000
  • Harddisk WD Element – 500GB / Penyimpanan 500GB | USB v3.0 dan v2.0| 5400 RPM – Harga IDR.755.000

Itulah pembahasan singkat dan sederhana tentang pengertian harddisk. Dengan harddisk kita bisa menyimpan jenis file apapun didalam komputer, dengan harddisk pula kita tidak perlu khawatir untuk menyimpan data yang berukuran besar, karena kapasitas harddisk tentu saja jauh lebih besar dari pada media penyimpanan lain seperti flash disk, disket, ataupun kepingan CD.
Pengertian CD-ROM
CD-ROM  merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai  700MB atau 700 juta bita CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD sajaSecara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya  dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

Fungsi
                Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.

Cara kerja
                Pada CDROM informasi yang tersimpan juga berupa 0 dan 1. Tentunya angka 0 dan 1 ini bukan langsung tertulis berupa angka 0 dan 1 melainkan merupakan keadaan pada lapisan tertentu pada CD-ROM tersebut. CD-ROM yang dibahas disini adalah CD ROM yang dicetak bukan CD-R ataupun CD-RW. Pada dasarnya semua CD memberikan informasi menggunakan teknik apakah suatu sinar yang diarahkan pada suatu posisi akan dipantulkan ke titik tertentu atau tidak. Perbedaannya terletak pada cara CD tersebut melakukannya. Pada CD-ROM yang memang dicetak, dipantulkan tidaknya suatu sinar itu ditentukan oleh cetakan yang digunakan. Jadi cetakan yang digunakan harus disesuaikan dengan informasi yang ingin disimpan. Setelah dicetak tidak bisa lagi diubah
data digital yang tersimpan pada CD-ROM tersusun mulai dari bagian terdalam pada CD-ROM menuju ke bagian terluar dari CD-ROM. Selain lapisan yang berguna untuk memantulkan cahaya, masih ada beberapa bagian lain dari CD-ROM. Suatu CD-ROM biasanya memiliki 4 buah bagian, yaitu labelprotective layerreflective layer, dan polycarbonate plastic. Pada pembacaannya sendiri CD-ROM ini akan diputar dengan kecepatan sudut yang tinggi. Oleh karena itu pola yang dicetak pada CD-ROM tersebut harulah memiliki tingkat presisi yang tinggi. Bila ini tidak dipenuhi, penyimpangan informasi bisa saja terjadi. Pada CD-ROM Drive masa kini, kecepatan sudut ini akan terus dipertahankan hingga pada saat pembacaan bagian terluar dari CD-ROM. Hal ini membuat kecepatan linier (kecepatan pembacaan) semakin tinggi pada daerah yang semakin luar. Dengan kecepatan setinggi ini CD-ROM Drive yang digunakan juga harus memiliki tingkat presisi yang tinggi pula. Oleh karena itu wajar saja bila suatu CD-ROM Drive akan melakukan pembacaan dengan kecepatan yang lebih rendah terhadap CDROM yang sudah mengalami banyak gangguan seperti halnya goresa.

ciri – ciri
a. Media penyimpanan optik
b. Mengunakan sinar laser untuk membaca
c. Kecepatan akses cepat
d. Lebih tahan lama/tedak mudah rusak

Pengertian CD-RW Drive
1. CD-RW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan cd dan juga mampu menulis di kepingan cd blank, kerennya burn,
2. CD-RW adalah Hardware komputer yang dapat membaca dan menulis pada piringan CD.

Fungsi
CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000kali.CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.

Jenis yang lain
aCD-R(compac disc-recordble)dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 Mb. data yang terdapat di cd-r juga tidak      dapat di hapus.perbedaan dengan cd rppm ,kita dapat menulikan data sampai beberapa kali asalkan kapastas penyimpanan di cd-r belum penuh. untuk menulis data ke cd-r kita perlu perangkat keras yang disebut cd writer.
bDVD(digital versatile disc) mempunyai kapasias penyimpanan            cukup besar bila dibandingkan dengan cd-room yang ukuranya sama besar.DVD mempunyai kualitas penyimpanan sangat baik.dvd bisa digunakan untuk menyimpan file berupa film.DVD tidak dapat dibaca oleh cd room drive.oleh karena itu,bila ingin komputer anda dapat memutar cd,komputer kita harus                 dilengkapi dengan dvd drive.saat ini di pasaran telah tersedia dvd drive yang dapat digunakan untuk membaca dvd sekaligus berfungsi sebagai cd writer atau sering dikenal dengan istilah DVD combo.
cDVD –RW (digital versatile disc-rewriteable) adalah tempat penyimpnan yang merupakan versi lain dari dvd. Berbeda dengan dvd yang hanya dapat di baca,maka dvd-rw dapat ditulis dan di hapus. karena kemampuan dvd-rw yang dapat ditulis dan di hapus,maka harga sebuah dvd-rw jauh lebih mahal dibandingkan dengan DVD.
dCD-RW(compac disc rewriteable)merupakan versi lain dari cd-            room yang dilengkapi kemampuan untuk dibaca dan ditulis,kita dapat menghapus data yang terdapat di cd-rw dan kemudian mengisinya dengan data yang lain. menghapus dan menulis data pada cd-rw dilakukan dengan bantuan cd writer.



DVD 
DVD adalah singkatan dari Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc, adalah media penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan data. Sesuai dengan namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact Disc), namun dengan kapasitas enam kali lipat dari CD. Untuk membaca DVD menggunakan sinar laser pada panjang gelombang 650nm (berwarna kemerahan).

Definisi DVD
Digital Versatile Disc atau biasa disebut DVD adalah disk optik generasi kedua pengembangan dari CD yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar yaitu sekitar 7x dari CD. DVD meniliki kapasitas penyimpanan 4,7 GB single layer dan dapat memutar film atau video dengan resolusi 720x480 piksel. Oleh karena itu pada saat sekarang ini penyimpanan file video atau film lebih condong ke DVD. DVDR adalah DVD Recordable dan DVDRW adalah DVD ReWriteable. DVD pada single layer (DVD-5) dapat menyimpan sampai 2 jam film dengan mutu tinggi dan dilengkapi dengan audiotrack dengan format stereo Dolby digital atau DTS dengan seta juga advanced menu system, subtittle, maupun still picture.

Ada beberapa format standar pada DVD saat ini :
1. DVD-R dan DVD-RW
    DVD-RW adalah DVD recording format yang pertama kali keluar dan kompatibel dengan DVD standalone. DVD-RW mendukung single side 4,7 Gb, DVD yang dikenal dengan (DVD-5) dan double side 9,4 Gb, DVD dikenal dengan (DVD-10). Format-format ini didukung oleh DVD forum.
DVD-R adalah format non-rewriteable yang kompatibel dengan 89% DVD player dan semua DVD-ROM.
DVD-RW adalah rewriteable format yang kompatibel dengan 72% DVD player dan sebagian besar DVD-ROM.
2. DVD+R dan DVD+RW
    DVD+R/W memiliki beberapa kelebihan seperti lossless linking dan CAV dan CVL writing. DVD+R/W mendukung single side 4,7 Gb DVD dikenal dengan (DVD-5) dan double side 9,4 Gb DVD dikenal dengan (DVD-10). Format ini didukung oleh DVD+RW Alliance.
DVD+R adalah format non-rewriteable yang kompatibel dengan 83% DVD player dan semua DVD-ROM.
DVD+RW adalah rewriteable format yang kompatibel dengan 72% DVD player dan sebagian besar DVD-ROM.
3. DVD RAM
    DVD RAM memiliki fitur perekaman terbaik dari semua DVD. Tapi tidak kompatibel dengan kebanyakan DVD-ROM maupun DVD player. DVD RAM lebih dianggap sebagai suatu media penyimpanan eksternal (Removable Harddisk). DVD RAM didukung oleh DVD Forum.

Sedangkan untuk format tidak standarnya adalah sebagai berikut :
1. DVD-VCD
    Pada dasarnya adalah VCD yang direkam diatas DVD-R/W. DVD mendukung resolusi VCD, tetapi audio-nya di resample ke 48 KHz.
2. DVD-SVCD
    Pada dasarnya adalah SVCD yang direkam diatas DVD-R/W. DVD sebenarnya tidak mendukung format resolusi SVCD, tetapi bisa jalan juga audio nya di resample ke 48 KHz.
3. DVD-MP3
    Pada dasarnya adalah MP3 yang direkam diatas DVD-R/W, tetapi sangat sedikit standalone DVD yang mendukungnnya dan sebagian besar DVD player hanya mengenal DVD-R/W hanya sebagai DVD Video.
Spesifikasi :
DVD masih menggunakan teknologi laser merah seperti halnya CD dengan panjang gelombang 635-650 nm (nano meter) sedangkan untuk data penyimpanan nya berada pada layer tengah  disc. Jadi data lebih aman dari pengaruh kerusakan disc. Tapi pada bagian bawah tetap ad pengaruh ketika terjadi kotor atau adanya goresan karena pada bagian bawah itulah optik laser merah untuk membaca data jadi ketika ada kotoran atau goresan itulah menyebabkan proses pembacaan menjadi lebih lama.

Kapasitas:
     Format di DVD paling banyak dipakai adalah DVD-5, DVD-9, dan DVD-10 (double side dari DVD-5). Kapasitas DVD-5 adalah 4.707.000.000 atau kalau dibagi 1024 adalah 4,38 Gb, namun sering disebut 4,7 Gb dengan menggunakan dasar 1kb adalah 1000byte.
     DVD-9 adalah dual layer DVD yang memuat data komputer sampai 7,95 Gb yang banyak digunakan oleh DVD komersial sekarang ini. DVD-9 pada dasarnya adalah DVD-5 yang di press menjadi satu. DVD+R/W tidak mendukung DVD-9.
     DVD-10 adalah double side DVD yang memuat data komputer sampai 8,7 Gb. Double side sendiri artinya adalah merekam pada kedua sisi disk. DVD-R atau DVD-R/W mendukung format ini.

     Mini DVD pada dasarnya adalah DVD yang direkam di atas CD-R(W) dan bukannya di atas DVD. Mini DVD dikenal juga dengan cDVD. Mini DVD hanya memuat video 15 menit pada kapasitas 650 Mb.Kebanyakan DVD player tidak dapat memainkan Mini DVD sebab mengenali CDR/W sebagai VCD,SVCD atau CD audio dan bukannya DVD. Lagi pula reading speed DVD player hanya 2x sedangkan untuk membaca CDR/W diperlukan reading speed paling sedikit 8x.




 DVCAM
The DVCAM Format
Sony DVCAM pita

DVCAM adalah variasi dari format DV yang dikembangkan oleh Sony dan ditujukan untuk pasar semi-profesional dan lebih rendah-end profesional.

DVCAM menggunakan jenis yang sama tape dan kompresi sebagai DV dan MiniDV tetapi pada kecepatan yang lebih tinggi (hampir 50lebih cepat).

VCR DVCAM dapat memutar konten DVdan beberapa VCR juga bisa bermain DVCPRO.

DVCAM juga menyediakan modus HD.
Spesifikasi Sekilas
TapeME (logam menguap)
Melacak pitch 15 mikrometer
Lagu Lebar15 mikrometer (10 mikrometer pada beberapa gigi awal)
Kecepatan pita28,215 mm / sec
Rekam WaktuStandard184 menitMiniDV40 menit.
KompresiIntra-frame, 51 DVC format DCT25 Mbps data rate video yang
Resolusi & Sampling720x576420 (PAL), 720x480411 (NTSC)
Audio2 ch @ 48 kHz16 bit4 ch @ 32 kHz12 bit
Akan menerima 2 ch @ 44,1 kHz16 bit melalui 1394 I / Oterkunci.