Banyak sekali jenis kamera yang didesain serta diciptakan oleh para vendor atau produsen. Jenis-jenis ini diklasifikasikan untuk kebutuhan yang berbeda-beda, walaupun fungsi utamanya tentu saja sama yakni untuk mengambil gambar dan atau suara. Berdasarkan pada penggunaannya, jenis kamera dapat dibagi menjadi 3 kategori yaitu ENG (Electronic News Gathering), EFP (Electronic Field Production) dan Kamera Studio.
cam studio
ENG (Electronic News Gathering)
Kamera ENG adalah kamera yang digunakan untuk meliput sebuah peristiwa, kejadian ataupun sebuah berita. Ciri-ciri dari kamera ini adalah bentuknya yang portabel artinya mudah dibawa kemana-mana, dilengkapi dengan shake reduction (peredam getaran atau goncangan) serta dilengkapi dengan baterai dengan daya tahan yang cukup lama.
EFP (Elektronik Field Production)
Kamera EFP adalah kamera yang digunakan untuk produksi non berita. Kamera ini biasanya digunakan untuk produksi drama, sinetron, program nondrama dan lain-lain. Ciri-ciri dari kamera ini adalah dilengkapi dengan aksesoris seperti tripod, crane atau jimmy jib dan kadang dilengkapi juga dengan zoom servo (remote pengatur perbesaran gambar), view finder dan juga intercom.
Kamera Studio
Kamera Studio adalah kamera yang digunakan untuk produksi-produksi didalam studio televisi. Ciri-ciri kamera ini dapat dilihat dari ukurannya yang besar dan berat. Ukuran yang besar serta beban yang berat dari kamera ini dimaksudkan agar ketika mengambil gambar hasil yang didapat benar-benar still (tenang) dan smooth atau halus. Selain itu kamera ini juga dilengkapi dengan zoom servo, pedestal (fungsinya seperti tripod), view finder dan intercom yang memungkinkan PD atau Program Director untuk men-direct kamerawan.
cam4
Lensa Kamera
Salah satu yang membedakan dari ketiga jenis kamera juga ada pada lensa yang digunakan. Lensa sebagai bagian penting dari kamera nyatanya juga akan berpengaruh pada acara jenis apa yang akan dibuat oleh televisi. Lensa untuk liputan bola berbeda dengan misalnya lensa yang digunakan untuk liputan berita. Maka jenis kamera yang dipakai akan menggunakan jenis lensa yang berbeda pula.
cam2 pedestal
1. Lensa Studio
Sebuah lensa yang terdapat pada body kamera dimana di dalam lensa ini sudah terdapat kontrol fokus dan zoom serta sensor kendali untuk kontrol ekternal.
2. Lensa EFP dan ENG
Sebuah lensa yang terdapat pada kamera dimana kontrol zoom dan fokus terpadat atau menempel pada badan lensa.
Lensa ini memungkinkan pengambilan gambar dengan sistem makro atau ekstrim close up (pengambilan obyek jarak dekat atau benda-benda kecil).
Studio Camera Mounts
Dalam proses kerja studio kamera dipasang pada sebuah alat yang disebut pedestal. Pedestal adalah dudukan kamera yang dilengkapi dengan tiga buah dolly atau roda, yang mampu digerakan oleh kameraman dengan halus dan tanpa getaran. Ketiga roda atau kemudi di bagian bawah menjadi alas tumpuan sehingga pedestal dapat diputar menggunakan itu lingkaran kemudi. Kamera dihubungakan langsung dengan kepala dudukan sehingga kamera dapat melakukan gerakan berputar secara horisontal (pan) serta dapat merubah sudut penggambilan gambar dari low angle ke high angle (tilt). Kita dapat merubah hal tersebut secara halus dan dapat pula dikunci apabia kita sudah menemukan komposisi gambar yang kita inginkan.
Ukuran kamera studio berkurun besar dan mempunyai berat sekitar 45 kilogram namun dengan bantuan internal counter-weights kameraman dapat dengan mudah menaikan atau menurunkan kamera selama telescopic ring-nya tidak terkunci.
Alat Tambahan Pada Kamera Studio
Shot Boxes
Pada penggunaan kamera studio sering kita menggunakan beberapa ukuran gambar yang selalu dipakai dalam produksi. Salah satu contohnya adalah wide shot, two shot, dan one shot sering digunakan pada acara berita. Shot Boxes adalah sebuat perangkat elektronik yang dipasang pada kamera studio yang mampu mengingat ukuran zoom lensa lengkap dengan ukuran shutter dan fokus. Kameraman dapat mengatur semua dengan hanya menekan satu tombol. Dengan perangkat ini proses kerja akan semakin efektif dan efisien.
Absurditas
Begitulah semestinya kamera, ia diperlakukan sesuai fungsi dan kegunaanya. Sama seperti halnya mobil, truk difungsikan untuk mengangkut barang sedang sedan untuk mengankut orang. Namun di negeri tercinta ini tak jarang kita melihat mobil truk yang digunakan untuk mengangkut orang.
cam5 efp
cam7 eng
Pun dengan kamera televisi, tak jarang stasiun televisi menggunakan kamera EFP bahkan kamera ENG untuk keperluan shooting di studio. Kenapa ini bisa terjadi? Bukankah itu artinya menyalahi fungsi dan kegunaanya tadi? Disinyalir yang menjadi biang ini semua ialah perihal budget. Kamera studio dengan berbagai fitur lengkap itu harganya jauh lebih mahal tinimbang kamera EFP dan kamera ENG. Maka, kamera EFP yang semestinya diperuntukkan dalam produksi sinetron atau kamera ENG untuk peliputan berita di lapangan, dipaksa difungsikan dalam pembuatan acara televisi di studio. Hasilnya tentu saja kurang maksimal. Selain itu akan menjadi pekerjaan tersendiri untuk para operator kamera itu sendiri. Tak semua kamera EFP bisa dikoneksikan dengan CCU atau Camera Control Unit apalagi kamera ENG, artinya untuk menyamaratakan pencahayaan tidak bisa dikontrol dalam satu alat. Jadi masing-masing operator kamera harus mengadjust fungsi iris serta color temperature untuk white balancenya.
TV Nasional, TV Lokal, TV Komunitas atau TV Kampus
Seperti diulas di atas bahwa nyatanya bahkan televisi beberapa telelevisi nasionalpun ”hanya” menggunakan kamera EFP untuk kebutuhan studio, namun sebagian besar memang telah menggunakan kamera studio. Sedangkan televisi lokal hampir dipastikan tidak benar-benar menggunakan kamera studio. Sebagian besan bahkan menggunakan kamera ENG, kamera untuk liputan berita yang dipaksakan untuk keperluan acara televisi di studio.
canon
Lantas bagaimana dengan televisi komunitas. Nah ini lebih unik lagi, televisi komunitas ada yang menggunakan kamera ENG untuk studio dan bahkan ada yang menggunakan kamera model compact seperti handycam. Demikian juga dengan televisi yang basisnya web. Alinea TV yang tayang streaming di internet menggunakan kamera handycam untuk acara live dialog pun liputan di lapangan.
TV Kampus tak beda jauh dengan televisi komunitas. Kamera yang digunakan biasanya tergantung dari budget yang dialokasikan kampus. Sebagian tv kampus biasanya merupakan bagian dari studio yang digunakan untuk latihan dalam perkuliahan broadcasting televisi. Kamera yang digunakan merupakan kamera ENG.
Era Televisi Digital, Kamera Digital
Puluhan tahun teknologi televisi menggunakan teknologi analog, pesatnya teknologi pada abad 21 telah mengubah segalanya, teknologi analog lambat laun tergantikan oleh teknologi digital. Salah satu kelemahan dari teknlogi analog adalah terbatasnya frekuensi yang tersedia. Begitu pula dengan kualitas gambar yang dihasilkan, teknologi digital memiliki kelebihan yang jauh disbanding teknologi analog. Teknologi televisi digital sudah dimulai sejak tahun 2003 yang dipelopori oleh negara yang memiliki perkembangan teknologi pesat, Jerman.
canon xf305
Dengan kamera digital, permasalahan kategorisasi kamera berdasarkan peruntukan diatas agak tereliminir. Karena misalnya koalitas kamera ENG banyak yang setara dengan kamera EFP. Saking miripnya bahkan secara hasil bisa jadi tak begitu tampak perbedaan yang mencolok. Kamera untuk acara World Cup 2010 kemarin sebagai contoh, acara bola yang biasanya menggunakan kamera Studio, saat itu menggunakan kamera EFP alias kamera untuk kepentingan produksi drama. Karenanya Canon XF 305 sebagai kamera EFP mendapat banyak pujian karena output yang diterima para pemirsa sangat bagus.
camera studio