Selasa, 10 Februari 2015

Jenis Camera jaman dulu

11 februari 2015


JENIS JENIS CAMERA JAMAN DAHULU


KAMERA POLAROID
Kamera Polaroid atau lebih dikenal dengan kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan film polacolor. Menurut sejarahnya, kamera polaroid atau kamera gambar seketika jadi ini dirancang untuk pertama kalinya oleh Edwin Land, dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak tahun 1947. Nama Polaroid itu sebetulnya adalah merek dagang, seperti orang menyebut semua pasta gigi dengan nama Pepsodent, atau orang menyebut sepeda motor dengan nama Honda
DCF 1.0
KAMERA OBXCURA
Kamera berawal dari sebuah alat serupa yang dikenal dengan Kamera Obscura yang merupakan kotak kamera yang belum dilengkapi dengan film untuk menangkap gambar atau bayangan. Pada abad ke 16 Girolamo Cardano melengkapi kamera obscura dengan lensa pada bagian depan kamera obscura tersebut. Meski demikian, bayangan yang dihasilkan ternyata tidak tahan lama, sehingga pemenuan Girolamo belum dianggap sebagai dunia fotografi. Pada tahun 1727 Johann Scultze dalam penelitiannya menemukan bahwa garam perak sangat peka terhada cahaya namun beliau belum menemukan konsep bagaimana langkah untuk meneruskan gagasannya.
Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura,bahasa Latin untuk “ruang gelap”, mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern, kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya. Dalam duniafotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Pada kamera televisi, sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Selanjutnya, pancaran elektron itu diperlakukan secara elektronik. Dikenal banyak jenis kamera potret.
200px-Voigtlander_camera
KAMERA PINHOLE (KAMERA LUBANG JARUM)
Sebuah kamera lubang jarum adalah kamera sederhana tanpa lensa dan dengan aperture kecil tunggal – efektif kotak cahaya-bukti dengan lubang kecil di satu sisi. Cahaya dari adegan melewatititik tunggal dan memproyeksikan sebuah gambar terbalik di sisi berlawanan dari kotak. Mata manusia dalam cahaya terang bertindak sama, seperti halnya kamera menggunakan lubang kecil.
Sampai titik tertentu, semakin kecil lubang, semakin tajam gambar, tetapi redup gambar yang diproyeksikan. Secara optimal, ukuran aperture harus 1/100 atau kurang dari jarak antara dan gambar yang diproyeksikan.
Karena kamera lubang jarum membutuhkan paparan panjang, rana dapat dioperasikan secara manual, seperti dengan flap cahaya-bukti materi untuk menutupi dan mengungkap lubang jarum.Eksposur khas berkisar dari 5 detik sampai beberapa jam.
Penggunaan umum dari kamera lubang jarum adalah untuk menangkap pergerakan matahari selama periode waktu yang panjang. Jenis fotografi disebut Solargraphy.
Gambar dapat diproyeksikan ke layar transparan untuk melihat real-time (populer untuk mengamatigerhana matahari, lihat juga kamera obscura), atau dapat mengekspos film fotografi atau muatanperangkat digabungkan (CCD). Kamera lubang jarum dengan CCD sering digunakan untuk surveilans[rujukan?] Karena mereka sulit untuk dideteksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar